Harga Sebuah Kemerdekaan



Hari ini 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, 70 tahun yang telah lewat negeri kita Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari cengkraman penjajahan yang tak sudi sadar dari tindak kejahatannya dalam jangka waktu 3 abad setengah lebih, dengan melewati perjuangan raga dan otak pikiran, bahkan darah dan nyawapun menjadi pengorbanan terakhir hanya demi sebuah kemerdekaan. 

Maka, tak salah mereka yang berjuang tanpa lelah itu selalu dikenang dan diabadikan di sebuah monumen dan penamaan jalan. Sehingga tak bisa dipungkiri bahwa kemerdekaan selalu bersimpang paut dengan mereka yang menjadi aktornya, yaitu pahlawan.

Kemudian, proyek kemerdekaan ini bukan hanya diimplementasikan oleh segelintir pahlawan, akan tetapi merupakan buah hasil dari proses perpaduan ide-ide yang saling bertukar dan menyempurnakan dari banyak pahlawan yang solid dan memiliki kesatuan visi dan misi. Maka, harga kemerdekaan sebuah bangsa adalah harga sebuah kesatuan visi dan misi yang bersumber dari hati yang bersatu padu, bersih dari kepentingan pribadi.    

Itulah kemerdekaan yang didambakan pahlawan untuk penerus bangsa ini, agar mereka dapat menghargai sebuah kemerdekaan yang mesti beratus ribu nyawa hilang, bahkan lebih dari itu dan dengan jangka waktu yang sangat melelahkan.

Lalu, kemerdekaan disini bukan hanya terbebas dari penjajahan fisik yang mencederai kebutuhan hidup dan kepemilikan tanah air sendiri melainkan juga dari penjajahan yang mempersempit ruang berpikir, beargumen dan beraktivitas di bidang ekonomi, pendidikan, politik dan sosial tanpa sedikitpun tekanan dari pihak manapun. Maka, benarlah  pepatah arab yang mengatakan,”tak ada yang lebih berharga dalam hidup selain kemerdekaan.”

Semoga kita dapat meresapi arti sebuah kemerdekaan dan bukan hanya bisa menikmati hasil jerih payah pahlawan, tapi dapat memfollow up proyek perjuangan mereka serta dapat memaknai bahwa kemerdekaan hati merupakan sumber dari segala kemerdekaan.

Dengan menghargai sebuah kemerdekaan, berarti anda menghargai perjuangan kesatuan visi dan misi bersumber dari hati yang merdeka.

#HUT RI ke-70

Penulis: Muhammad Izzah Firmansyah
Share this article :
0 Comments
Tweets
Comments

Posting Komentar

 
Support : Pemprov Jambi | Media VISI |
Copyright © 2013. KMJ Mesir - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified © by Ndek Yar Al-Satirisy
Proudly powered by Blogger