Semangat Tanpa Kenal Lelah Memajukan Jambi Tercinta


Keluarga mahasiswa Jambi (KMJ) merupakan entitas yang diharapkan mampu memberikan kontribusi berarti dalam pembangunan ranah sepucuk jambi Sembilan lurah.

Konteks membangun disini barangkali lebih dititik beratkan ke arah pembinaan moral dan penanaman nilai-nilai agama pada tatanan
sosial kemasyarakatan. Melihat secara notabene dan historiknya, mahasiswa Jambi di Mesir adalah tholibul ilmi di Universitas Al Azhar.

Biarpun secara kuantitas dibilang sedikit, secara pendanaan sangat minim, namun dalam dekade ini mahasiswa Jambi masih terus bergerak, berdinamika dan mengurai prestasi dibelantika keorganisasian dan kependidikan. Tidak sedikit kegiatan keorganisasian yang terus digelontorkan oleh dewan pengurus KMJ. Dalam satu bulan saja bisa mencapai 7 kegiatan yang di gelar. Bahkan ada dari anggota KMJ yang meretas berorganisasi sampai pada level internasional. Lain dari itu, secara nilai akademik, bisa dikatakan sangat membanggakan. Tidak sekedar jayyid (baik) namun jayyid jiddan (baik sekali) dan mumtaz (istimewa) pun bisa disabet oleh mahasiswa Jambi di Mesir. Ini sebagai sinyal komunitas mahasiswa Jambi di Mesir mempunyai potensi yang patut diperhitungkan.

Jika kita menengok kebelakang sejarah perjalanan keluarga mahasiswa Jambi di mesir ini, sungguh merupakan cerita nostalgia yang tiada habisnya untuk diceritakan. Bagaimana tidak? Dahulu, setiap akhir masa jabatan pengurus, tidak ada sisa dana untuk masa kepengurusan selanjutnya. Karena memang kondisi finansial KMJ kala itu benar-benar dalam kondisi yang sangat krisis. Pen-cover-an dana kegiatan mengandalkan infaq tahunan dari jama’ah haji asal Jambi dan juga iuran anggota pada tiap bulannya. Dan pada setiap awal, pertengahan dan akhir tahun, dewan pengurus KMJ mengerutkan dahi karena harus membayar sewa sekretariat. Lagi-lagi antara debet dan kredit pada tiap tahunnya sangat tidak balance. Namun dengan semangat kebersamaan yang ber-orientasikan pada nilai keikhlasan, alhamdulillah semua kegiatan dan pembayaran sewa sekretariat bisa dipenuhi.

Dalam 1 tahun terakhir ini, mahasiswa Jambi di Mesir sudah mulai menghirup udara segar. Perhatian Pemprov kepada KMJ sungguh menjadi api penyulut semangat yang tak terpadamkan. Sebuah impian yang bertahun-tahun ditunggu, kini menjadi kenyataan. Bantuan dana hibah dari Gubernur Provinsi Jambi bapak Drs. H. Hasan Basri Agus, MM telah menjadi saksi sejarah kemakmuran KMJ kedepan. Tidak ada lagi beban membayar sewa sekretariat, telah hilang kekhawatiran pengusiran dari sekretariat karena tidak mampu lagi membayar sewa rumah. Dana hibah itu sudah terwujud dalam bentuk asrama, kantor, meeting room dan aula pertemuan. Bangunan megah yang diberi nama “Darul Hasan” ini mampu memberi motivasi yang tiada henti kepada mahasiswa Jambi di Mesir. Tentunya Asrama yang ber-cat hijau itu mampu mencipta generasi-generasi baru yang handal, berkualitas dan bisa bersinergi untuk menuju Jambi emas.

Atas nama mahasiswa Jambi di Mesir, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Drs. Hasan Basri Agus MM, atas perhatian dan bantuannya kepada kami. Semoga menjadi jariyah di masa mendatang, amin allahuma amin.

Heri Nuryahdin, Ket. TPRJ -  KMJ Mesir
Share this article :
0 Comments
Tweets
Comments

Posting Komentar

 
Support : Pemprov Jambi | Media VISI |
Copyright © 2013. KMJ Mesir - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified © by Ndek Yar Al-Satirisy
Proudly powered by Blogger