MUBES XX KMJ Mesir, antara Introspeksi Diri dan Evaluasi Organisasi

Tepatnya. pada hari Sabtu tanggal 29 Sya’ban 1432 H/ 30 Juli 2011 M. Majelis Perwakilan Organisasi Keluarga Mahasiswa Jambi (MPO-KMJ) Mesir yang diketuai Sdr. Ahsanul Husna,Lc (Merangkap Anggota), Sekjend Sdr. Umaruddin Sujana (Merangkap Anggota) dan Sdr. Ahmad Bakri Husin (Anggota), alhmadulillah sukses melaksanakan agenda wajib tahunan Musyawarah Besar XX Keluarga Mahasiswa Jambi (MUBES XX KMJ) Republik Arab Mesir.
Dalam MUBES kali ini, memilki lima pembahasan utama :
1. Pembahasan AD/ART KMJ
2. Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus (DP) KMJ 2010-2011
3. Pembahsan Rekomendasi
4. Pemilihan Dewan Konsultatif (DK), Mejelis Perwakilan Organisasi (MPO), Ketua Dewan Pengurus (DP) masa bakti 2011-2012
5. Pembahasan UU Temus 2011-2012.

Dalam pembahsan AD/ART KMJ ada beberapa usulan perubahan. Diantaranya perubahan Lembaga Otonom (LO) KMJ ) menjadi Bandan Otonom (BO), yang dalam kontek praktisnya bertanggung jawab penuh kepada Majelis Perwakilan Organisasi (MPO) KMJ. Perubahan ini dilakukan guna lebih menjaga efesiensi kerja dari BO tersebut. Karena MPO memiliki kewajiban pengawasan, pertanggungjawaban dan pengontrolan. Yang mana hal ini tidak bisa dilakukan ketika badan ini masih dalam bentuk LO.

Kemudian terkait Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus Keluarga Mahasiswa Jambi (LPJ DP KMJ), mengalami kemajuan. DP tahun ini telah sukses melaksanakan hampir 90 % Program unggulan, terutama terkait program kajian, keilmuan dan teknologi. Tetap eksis memberikan warna aktifitas pada KMJ ditengah situasi dan kondisi meletusnya revolusi Mesir 25 Januari 2011. Meskipun disana masih menimbulkan pertenyaan dan klarifikasi dalam masalah pembengkakan dana operasional olahraga. Pada akhirnya, MPO memutuskan Menerima LPJ DP KMJ tahun ini dengan nilai: Jayyid Jiddan.

Pada tahun ini, sesuai dengan amanat rekomendasi MUBES tahun sebelumnya, MPO berhasil merumuskan UU Temus. Yang dibahas dan disahkan dalam MUBES tahun ini.

Berikut adalah formasi kepemimpinan Keluarga Mahasiswa Jambi Mesir Periode XXI, Masa Bakti 2011-2012 , berdasarkan hasil sidang Musyawarah Besar XX KMJ, 30 Juli 2011 yang dihadiri 75% dari jumlah Anggota keseluruhan 60 orang, dan ditetapkan melalui surat keputusan No.08/MUBES-KMJ/XX/VII/2011, No.06/MUBES-KMJ/XX/VII/2011, dan 07/MUBES-KMJ/XX/VII/2011 :

DK KMJ :
- Heri Nuryahdin (Ketua Merangkap Anggota)
- Ahsanul Husna,Lc (Sekretaris Merangkap Anggota)
- M.Erdiansyah (Anggota)
- Fahruddin (Anggota)
- Hamdani Ibrahim,Dpl (Anggota)

MPO KMJ :
- Ahmad Zaki (Ketua Merangkap Anggota)
- Salmi Abadi (Sekjend Merangkap Anggota)
- Safaruddin (Anggota)

Ketua DP KMJ :
Ahmad Bakri Husin (ABH) (Ketua Terpilih)

Meskipun kepemimpinan ini berbentuk sosial kemasyarakatan dan kekeluargaan, tapi tetaplah sebagai sebuah amanah besar dari seluruh masyarakat Jambi yang berada di Mesir. Tanggung jawabnya bukan hanya di dunia yang fana ini, tapi juga di hadapan Allah Swt diakherat kelak. Mau kita bawa kemana Keluarga Besar Masyarakat Jambi Mesir ini ? itu tergantung kita. Kita yang akan menentukan dan kita yang akan melaksanakan.


“Sesungguhnya janji itu akan diminta pertanggungjawabanya”(Qs.Al-Isra’ 34). 

“Sesungguhnya Telinga, mata dan hati semuanya akan diminta pertanggungjawabanya”(Qs.Al-Isra’ 36).

Kita berharap semoga kepengurusan sekarang bisa lebih baik atau lebih bisa menjadi representative bagi anggota untuk menggali khazanah keilmuan di negeri para ulama ini. Tentu kita tidak mengharapkan organisasi ini malah menjadi alat yang bisa membalikkan niat tulus menuntut ilmu di Mesir menjadi wadah "rekreasi budaya" negatif Indonesia yang dibawa ke Mesir. Dalam hal ini tentu sangat dibutuhkan peran para senior yang bukan hanya tau seseorang tapi senior yang mengerti seseorang. Seperti tingkat dua memberikan tauladan baik bagi mahasiswa baru, yang tingkat tiga menjadi tauladan yang baik bagi yang tingkat dua, yang S2 memberi tauladan yang baik kepada yang S1. Begitu seterusnya sampai yang paling senior memberikan tauladan yang baik bagi yang lebih yunior, dari segi perkataan, sikap dan prilaku kehidupan. Begitu juga sebaliknya, yang lebih muda senantiasa memberikan masukan yang membangun kepada yang lebih tua.

Jika hal ini bisa bersinergi antara pemimpin dan anggota maka insyaAllah harapan rakyat Jambi mengidam-idamkan kedatangan para intelektual dari Mesir akan terwujud. Tapi jika tidak, maka tidak dipungkiri KMJ akan terus mewarisi berbagai masalah sumber daya manusia yang kita sendiri tidak tau kapan kesudahanya.

Dari Jabir Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Saw Bersabda : “Setiap Kemakrufan (kebaikan) adalah sedekah “ (HR.Bukhri Muslim dari riwayat Huzaifah Ra)

Wallahua’alam.

MPO KMJ Masa Bakti 2010-2011.
Share this article :
0 Comments
Tweets
Comments

Posting Komentar

 
Support : Pemprov Jambi | Media VISI |
Copyright © 2013. KMJ Mesir - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified © by Ndek Yar Al-Satirisy
Proudly powered by Blogger