Fakultas-Fakultas di Universitas Al-Azhar

Fakultas-Fakultas di Universitas Al-Azhar
Pada tahun 1930 Universitas al-Azhar hanya memiliki tiga fakultas, yaitu: Fakultas Ushuluddin, Syari'ah dan Bahasa Arab. Namun semenjak tahun 1961, didirikan lah berbagai fakultas lain, juga pada tahun ini pula lah dimulai adanya Kulliyah al-Banat (kulliyah untuk putri), namun untuk teknik perkulyahan tetap diadakan secara terpisah antara kampus kullyah putri dan kampus kulliyah untuk putra, dengan sangat berjauhan sampai-sampai berbeda kota.


Secara detail, fakultas-fakultas yang ada di Universitas al-Azhar hingga saat ini adalah sebagai berikut:

A. FAKULTAS-FAKULTAS UNTUK PUTRA

1. Fakultas Ushuluddin

Fakultas ini memiliki empat jurusan pada strata 1 (S1) maupun Strata dua (S2) yaitu jurusan: Tafsir dan 'Ulumul Qur'an, Hadist dan Ilmu Hadist, Aqidah dan Falsafah, Da'wah wa al-Tsaqofah al-Islamiyah. pada masa kulyah S1 penjurusan dimulai sejak tingkat III.

2. Fakultas Syari'ah Wal Qonun

Fakultas ini untuk jenjang Strata 1 (S1) hanya memiliki dua jurusan, yaitu: Jurusan Syari'ah Islamiyah, dan Jurusan Syari'ah wal Qonun. Sedangkan pada masa Strata 2 (S2) Fakultas ini memiliki enam jurusan, yaitu: Jurusan Ushul Fiqh, Siyasah Syar'iyah, Fiqh Muqorin, Fiqh 'Ama, Qonun 'Am, dan jurusan Qonun Khash. (Untuk jurusan qonun 'am dan qonun khash baru ada pada tahun ajaran 2000/2001 dan pada tahun 2005/2006 ditiadakan lagi).

3. Fakultas Bahasa Arab

Pada Fakultas Bahasa Arab, untuk strata 1 (S1) ada empat jurusan, yaitu: Syu'bah 'Ammah (Umum), Tarikh (Sejarah), Shahafah wal 'ilam (Peradaban dan jurnalistik). Untuk penjurusan dimulai sejak Tingkat I (Pertama). Sedangkan untuk Strata 2 (S2) jurusan yang ada yaitu: Al-Balaghoh wa al-Naqd, al-Adab wa al-Naqd, Lughowiyyah (Nahwu, shorf dsb), Ushul al-Lhughah (Ma'ajim, fiqh lughoh, qiraat dsb), Shahafah wal i'ilam. dan Tarikh wal Hadharah.

4. Fakultas Dirasat Islamiyah wal Arabiyyah.

Fakultas ini untuk strata 1 (S1) belum ada istilah penjurusan, penjurusan baru ada setelah menginjak strata 2 (S2) yaitu: Jurusan Syari'ah, Ushuluddin dan Lughah, yang kemudian dari setiap jurusan terjadi pembagian lagi.

B. FAKULTAS UNTUK PUTRI

Fakultas Dirasat Islamiyyah wa 'Arabiyyah

Pada fakultas ini ada beberapa jurusan, yaitu:

- Jurusan Ushuluddin, yang terdiri dari tiga spesialisasi setelah berada di tingkat III (Tiga): Tafsir dan Ilmu -ilmu al-Qur'an, Hadist dan Ilmu Hadist, Aqidah wa Falsafah.
- Jurusan Syari'ah, yang memberikan ijazah Syari'ah Islamiyah.
- Jurusan Bahasa Arab
- Jurusan Syari'ah wal Qonun
- Jurusan Shahafah wa al-i'lam.

C. FAKULTAS-FAKULTAS UMUM

1. Fakultas Dirasat Insaniyah
Fakultas ini memiliki beberapa jurusan.
2. Fakultas Kedokteran
3. Fakultas as-Shoydaliyyah (Farmasi)
4. Fakultas Kedokteran Gigi
6. Fakultas Ilmu Eksata (Sains)
7. Fakultas Teknik Sipil
8. Dll

Kemudian untuk Fakultas-fakultas tertentu, Universitas al-Azhar membuka cabang spesialis nya di setiap Provinsi-provinsi dan bahkan disetiap kota-kota tertentu di Mesir yang kota tersebut masih dalam satu Provinsi. Diantara cabang Universitas al-Azhar seperti: Al-Azhar di Provinsi Syarqiyyah, tepatnya di ibukota provinsi yang bernama Zagazig, di sini khusus untuk spesialis Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Bahasa Arab, Di Provinsi Gharbiyah (thanta) Spesial Fakultas Syari'ah Wal qonun, di Provinsi Alexandria Spesial Fakultas untuk putri, di Provinsi Daqheliyyah ada 2 spesialis Fakultas, yaitu Fakultas Ushuluddin di ibu kota provinsi tepatnya di Mansuro, dan spesial Fakultas Syari'ah wal Qonun di Tafahna al-Asyrof yang masih satu provinsi dengan Mansuro. Begitu juga Fakultas-fakultas spesialis lainnya yang ada di berbagai Provinsi Mesir seperti Damanhur, Dimyat, Ashiyut dan sebagainya.
Share this article :
0 Comments
Tweets
Comments

Posting Komentar

 
Support : Pemprov Jambi | Media VISI |
Copyright © 2013. KMJ Mesir - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified © by Ndek Yar Al-Satirisy
Proudly powered by Blogger